Monday, March 2, 2009

MERAWAT CEDERA DALAM PERMAINAN FUTSAL (CEDERA ANKLE)

Setiap olah raga apapun itu pasti ada resiko cedera, itu adalah hal yang wajar namun adakalanya cedera ini dapat di minimalisir, tipsnya seperti telah di bahas pada postingan terdahulu. Cedera yang akan di bahas pada kali ini adalah cedera yang sering terjadi dalam permainan olah raga terutama futsal dan sepak bola, yaitu cedera ANKLE atau mata kaki, seperti yang telah di bahas pada postingan terdahulu cedera ini dapat di akibatkan oleh belum siapnya otot pada sendi mata kaki,.

jika cedera ini tidak terlalu parah biasanya hanya sedikit bengkak dan memar akibat otot perekat sendi regang terlalu jauh,tapi kita masih dapat berjalan agak normal,jika cedera ini berat biasanya mata kaki bengkak sangat besar tampak memar ke biru biruan ini di karenakan otot perekat sendi koyak atau putus, dan akan sangat sakit sekali jika kaki menyentuh lantai sehingga berjalan kita memerlukan tongkat.
pertolongan pertama pada cedera ankle adalah pada saat pertama terjadi segera kompres mata kaki yang cedera dengan es batu,ini mencegah pembengkakan terjadi,selanjutnya kompres dengan air hangat.
Jangan sesekali mengurut kaki yang cedera,karena pada dasarnya cedera ini terjadi karena otot perekat sendi koyak atau putus,jadi yang harus kita lakukan adalah mempercepat penyambungan atau menormalkan otot penyambung sendi, dan ini tidak dapat di lakukan dengan mengurut,hal yang terbaik adalah mengistirahatkan kaki dan membantu penyembuhan dengan kompres, jika pun akan di lakukan pengobatan sebaiknya secara medis yaitu dengan suntik zat perangsang pertumbuhan otot.


8 comments:

  1. "Jangan sesekali mengurut kaki yang cedera"
    sori gan gw kurang setuju nih..
    banyak kasus cedera engkel ada otot ato bagian yang keluar ato berubah posisi.
    dengan diurut, kurang lebih seminggu cedera ankle sembuh. (dibandingakan dengan cuma di kompres bisa sebulan baru normal).

    ini pengalaman gw sejak cedera angkle pertama hingga terakhir minggu lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trus klo gak di urut pakek jamu jawa ada gak ya????
      leo syafril barcelonistas

      Delete
    2. wah, saya malah diurut ni, dr KSA dikasi obat analgesic :( sminggu msi krasa sakitnya

      Delete
  2. MEMANG TERGANTUNG KEBIASAAN, TAPI DARI SEGI MEDIS CARA PENGURUTAN KURANG BAIK, KARENA SEBENARNYA URUT DAN PIJAT BUKAN UNTUK MENYEMBUHKAN TETAPI UNTUK RELAKSASI, BANYAK JUGA KASUS YANG CEDERA DI URUT MALAH TAMBAH PARAH, JADI KEMBALI KE DIRI KITA, KARENA KESEMBUHAN CEDERA YANG PALING PENTING ADALAH SUGESTI.ADAKALNYA MEDIS DAN ALTERNATIF MENYATAKAN SEMBUH TAPI JIKA SUGESTI KITA METRASAKAN BELUM SEMBUH YA BELUM SEMBUH.

    ReplyDelete
  3. Maaf.. ane jg spndapat dgn andrelicious dan saudara Peha.. krn sy prnh cdra ankle yg sgt parah tp lgsug sy urut aliran Cimande alhamd sembuh hmpr sminggu... Tp dlm penyembuhan'y itu mmg dKompres dgn air hangat slma 1 jam dan da pntgn'y tidak boleh mkn2 yg berat t'utam daging Kambing or ayam tp sapi msh boleh.. krn Kakikan Tumpuan utama bdn kt, spy brt bdn tdk b'tmbh dan memabntu prose penyembuhan cedera ankle sy...

    ReplyDelete
  4. tergantung.....
    kl secara medis, kompres batu es, rendem air hangat.....foto Rontgen, biasanya g krg keliatan, MRI lbh jelas...kl ruptur/sobek pd jaringan ato ligamen, y hrz disambung tp semua itu g biaya yg cukup mahal. Opsi ke alternatif, tp kembali lg qt ykn yg mana. yg pasti kl medis tau organ sampe daleman'y, lanjut, fisioterapi....waktu mang lbh lama, tapi secara pengetahuan qt aman krn dpt penjelasan secara medik ttg organ yg sakit lbh dalam. kl urut, mgkn arahnya ke terapi...intinya, x-ray dlu ato yg lbh maknyus MRI...dijamin qt tau mana yg sakit dan knp nya...biz itu terserah dah...
    pengalaman pribadi, skrg gy recovery system...

    ReplyDelete
  5. tapi kalo menurut nyokap_q di urut juga baik tapi kalo pada yang ahli dalam bidangnya trsbutt??
    klo msalnya takut untuk meng_urut kaki mending di kompres pake air hangat aja stiap akan tidur dan bngun tidur....

    ReplyDelete
  6. aku juga skrg sedang dalam keadaan cedera engkel,.. apa cedera ini ngk bakalan sembuh,..?? cz cedera ku ini sdh 1 bulan lamanya,....

    ReplyDelete