Thursday, April 16, 2009

MENGENAL LEBIH DEKAT BOLA FUTSAL

Bola adalah teman`, menurut jargon salah satu film kartun, nah supaya lebih bisa bersahabat dengan bola kita akan mengenal lebih jauh lagi dengan bola, khususnya bola futsal lokal.
Bola futsal lokal mulai membanjiri pasar pada tahun 2003, seiring dengan semakin populernya olahraga futsal di Indonesia, namun pada awal awal kemunculannya kualitas bola masih sangat rendah terutama dari segi standarisasi pantulan, kalo ukuran dan kualitas jahitan sudah bagus karena umumnya pengrajin berpengalaman dalam pembuatan bola sepak.
Pada saat ini ada dua produsen bola futsal
secara global yaitu buatan Sukabumi dan buatan Majalengka, tentu saja kalian dapat menebak bola buatan mana yang lebih berkualitas?
Yap,!! Majalengka, yang sudah terkenal dalam dunia perbolaan, mengeluarkan bola futsal yang berkualitas dengan quality control yang sangat ketat, maka tak heran bola dari sini memiliki harga jual yang lebih tinggi.
Sedangkan Sukabumi, pada akhir ini sudah cukup bagus namun masih banyak kelemahan, di karenakan qualiti control yang kurang ketat di tambah lagi permintaan pasar akan bola murah.
Hal yang paling menonjol di antara kedua bola dari dua daerah ini adalah kualitas jahitan dan tingkat pantulan, kalo dari segi bahan baku kedua daerah ini hampir sama.
Terkadang bola dari Sukabumi koplak, itu di karenakan penggunaan perca/majun yang kurang bagus di dalam lapisan karet bola. Satu rahasia di balik bola futsal yaitu bola futsal tidak bisa di tambal jika bocor.
Coba tebak kenapa?
Jawaban dan trik menghadapi masalah ini nanti di postingan selanjutnya.



1 comment:

  1. Setuju! yang saya tahu, Indonesian Futsal League 2009 menggunakan bola majalengka. dan katanya sih bola majalengka sudah mempunyai standar2 seperti dari FIFA dan IMS. saluut untuk produk anak bangsa..

    ReplyDelete