Wednesday, April 7, 2010

MENGENAL KODE DI BALIK NAMA SEPATU ( NIKE )

Kadang kita sebagai orang awam sering kebingungan dengan ketika akan membeli sepatu, terutama yang lewat Online, selalu terdapat kode atau nama yang di tambahkan di belakang nama sepatu, padahal warna dan model sama tapi ko nama beda?
seperti pada merk Nike kadang model sama tapi ko harga dan nama beda, misalkan seri mercurial fibrant yellow.
Nike mercurial Veloci Fibrant yellow kode nya ada IC, TF, FG, Talaria FG, steam FG, SG, AT atau astro turf.
belum lagi jenis nama misal Nike Mercurial veloci V, Nike mercurial Vapor, Nike mercurial Superfly, padahal dari ke tiga nama tersebut hampir sama model nya, untuk kali ini saya akan bahas kode kode dari nama di belakang sepatu tersebut.
1. Kode IC biasanya di sebut sepatu futsal rata, yaitu permukaan sepatu yang rata normal biasa, untuk di gunakan di lapangan standar.
2. Kode TF atau di
sebut turf yaitu sepatu sejenis sepatu indoor/ futsal yang meiliki studs/pul kecil untuk bermain di lapangan buatan atau rumput sintetik.
3. Kode FG atau Firm Ground, adalah sepatu sepak bola, yang biasanya di gunakan untuk lapangan yang menengah, tidak terlalu keras dan tidak terlalu gembur, atau lapanagn yang cukup bagus
4. Kode Talaria FG, sama seperti kode FG cuman di sini ada tambahan nama talaria, biasanya sepatu ini sepatu dengan kualitas lebih bagus, hal yang paling menonjol adalah biasanya bahan upper dan sol lebih bagus, khusus upper biasanya terbuat dari kulit asli, meskipun tampilan sama dengan yang kode FG.
5. Kode Steam FG, untuk kode FG sama artinya bahwa itu sepatu sepak bola, tambahan nama steam di sini berarti memakai penutup tali, jadi semua sepatu Nike seri Mercurial yang menggunakan nama steam ber arti menggunakan penutup tali kode nya tidak hanya untuk fg, ada juga steam IC, steam TF dll.
6. Kode SG, kode Sg biasanya merupakan sepatu sepak bola untuk lapangan lembut atau soft ground, biasanya lapangan lapangan eropa banyak menggunakan sepatu bor kode SG.
7. Kode AF, atau Astro Turf,, hampir sama dengan tf tapi astro turf lebih banyak dalam jumlah stud/ pul dan lebih kecil,biasanya di gunakan untuk lapangan tanah atau rumput biasa,, lebih fleksibel di gunakan.
Nah itu adalah sebagian kode sepatu yang sebagian besar sepatunya masuk ke pasaran Indonesia.
Untuk mendapatkan sepatu terutama sepatu futsal baik handmade atau original kunjungi aja Chexosfutsal.


No comments:

Post a Comment