Saturday, February 28, 2009

CEDERA DALAM PERMAINAN FUTSAL

Dalam setiap olah raga yang mengandalkan kekuatan fisik,dan menuntut bergeraknya bagian tubuh secara dinamis, cedera sangat mungkin terjadi,namun dengan demikian cedera tersebut dapat di minimalisir,marilah kita mengenal cedera yang sering terjadi dalam permainan futsal maupun sepak bola,dan cara meminimalisir resiko tersebut.

1.CEDRA ANKLE (PERGELANGAN KAKI)
Biasanya terjadi jika sendi mata kaki belum siap melakukan gerakan ekstrim, seperti berlari dan menendang, pencegahannya lakukan pelemasan dan pemanasan yang sangat cukup pada sendi kaki.
2.CEDERA LUTUT.
Lebih Banyak terjadi akibat benturan dengan lawan atau terjadi salah gerak sendi lutut yang ekstrim, cedera lutut merupakan cedera yang sangat di takuti oleh setiap atlet,karena sembuh dari cedera sangat lama terutama sembuh dari trauma,pencegahan pemanasan yang cukup dan hindari benturan dan gerakan gerakan lutut secara ekstrim.
3.CEDERA OTOT.
Biasanya terjadi pada otot betis dan paha,terjadi akibat otot sangat kelelahan dan atau otot terlalu shock karena di gunakan langsung secara ekstrim,pencegahan lakukan pemanasan dan gunakan otot secara bertahap, atur waktu istirahat dan jangan paksakan jika kelehan mendera biasanya di tandai dengan pegal dan mulai kram kecil.
Tiga cedera di atas yang sangat sering terjadi,tapi kita dapat menghindarinya jika kita melakukan pemanasan dan istirahat yang cukup,jika cedera tersebut terlanjur terjadi,maka rawatlah dengan tepat,mengenai penanganan dan perawatan cedera akan di bahas pada posting selanjutnya.


No comments:

Post a Comment